Saturday, December 17, 2011

IMIGRASI

Salah satu hari terindah bagi saya adalah saat mengantri untuk cap passport di meja imigrasi. Ini artinya saya kembali melakukan perjalanan, dan akan ada cerita disepanjang perjalanan saya nantinya.

Perjumpaan saya pertama kali dengan orang imigrasi adalah awal tahun 2004, saat itu saya mengunjungi Singapura atas undangan Mediacorp Radio. Pihak imigrasi mereka cukup bersahabat, mungkin mereka tahu saya datang hanya untuk berliburan sebab status saya saat itu masih mahasiswa. Mereka hanya menanyakan apakah ini pertama kali saya mengunjungi singapura, dan mengucapkan selamat datang ke negara mereka and enjoy ur holiday!

Lain dengan cerita di imigrasi LCCT Malaysia. Di kunjungan ke dua saya ke Malaysia, saya pikir akan lebih baik. Sebab Setelah yang pertama  saya bersumpah pada diri sendiri tidak akan ke Malaysia lagi lewat jalur laut, kecuali terpaksa. (Jalur laut banyak digunakan para Tenaga Kerja Indonesia yang akan masuk ke Malaysia, dan perlakuan petugas sangat merendahkan mereka, saya sungguh tidak tahan melihat itu).

Seperti biasa, mengantri di imigrasi.
dan giliran saya maju
saya menyerahkan passport bersama print out tiket perjalanan saya.
"datang nak buat apa?" tanpa melihat wajah saya
"liburan" dengan nada cuek
"ape?"
"vacation"
"berape lame?" dengan nada kurang bersahabat
"aduh, ga bisa lihat sendiri ya, itu kan sudah saya lampirkan tiket perjalanan saya" sambil saya menunjuk tiket dan passport ditangan si cewek petugas imigrasi.
Setelah dia melihat print out tiket barulah dia mencap passport saya.
Dan saya berlalu tanpa mengucapkan terima kasih.

Namun bila saya bertemu petugas yang baik,pasti saya mengucapkan terima kasih plus senyuman manis pada mereka.
Dan itu baru terjadi setelah sekian kali perjalanan bolak-balik saya ke Malaysia. Kali ini petugas imigrasi nya seorang cowok dalam umur tiga puluhan. Pertanyaan wajibnya setelah membolak balik passport saya.
"nova sari"
"ya saya"
"apa tujuan awak datang?"
"saya mau buat event TREASURE HUNT di Club Med Cherating, then saya akan liburan ke Penang"
"event ape?"
"TREASURE HUNT! Semacam amazing race, sangat popular kan di Malaysia, hmm..ngak pernah dengar ya?"
"owh Treasure hunt. Yer saya tahu." 
Mie Udang Penang
"Jauh-jauh datang dari Indon untuk buat treasure hunt kat sini, wah bagusnya. Untuk syarikat awak yer?"
"Ya, kerna di Indonesia treasure hunt belum famous lagi"
"ok."
Kemudian saya bilang saya akan liburan ke Penang.
"First time awak datang kat Penang?"
"Yeah, tapi kalau tempat-tempat lain udah sering, so trip ini saya akan coba ke Penang"
"Penang sangat bagus tempatnye. Nanti awak mesti cuba makan Mie Udang, sangat best rasanya. Itu menurut saya lah, tak tau pulak selera orang berbeza kan."
"ok, dengan senang hati nanti saya akan coba mie udang di Penang"

Setelah passport saya di cap, dan pembicaraan tidak boleh terlalu panjang sebab antrian masih panjang!
"Thank You! " plus senyuman dan saya berlalu dari hadapannya.
Baru kali ini petugas imigrasi sangat ramah.

No comments:

Post a Comment